Sudahkah Anda Baca:Study Guide in Belarus

Visa Elektronik Turki: Kemudahan Baru untuk Warga Indonesia

Berita gembira dari Kementerian Luar Negeri Turki untuk pemegang paspor hijau Indonesia.

Setelah mempermudah kunjungan wisatawan dari tanah air ke Turki sejak tahun 2011 yang lalu dengan diberlakukannya visa on arrival di setiap bandara internasional Turki, kini pemerintah negara seribu menara ini kembali memperkenalkan konsep kemudahan baru untuk sejumlah negara sahabat, termasuk Indonesia. Kini pemegang paspor Indonesia dapat mengunjungi Turki dengan menggunakan visa elektronik, yang menggantikan visa versi lama, yang berupa stiker atau stempel yang dicap oleh imigrasi bandara. Kebijakan ini dimulai resmi sejak 17 April 2013.

Melalui kemudahan baru ini, setiap calon turis Indonesia ke Turki dapat mengajukan lamaran visa secara elektronik lewat website resmi Kementerian Luar Negari Turki (klik di sini), dengan melampirkan informasi-informasi yang dibutuhkan, dan menyetorkan pembayaran dengan kartu kredit.

Setelah melewati masa proses (24 jam), visa elektronik ini akan dikirim lewat email kepada pelamar – yang harus di-print, dan ditunjukkan kepada petugas di airport atau imigrasi saat tiba di Turki. Penting untuk diingat, agar menyimpan print-out ini dengan baik selama berada di Turki, sebagai bukti Anda masuk secara sah.

Visa Elektronik ini hanya valid untuk kunjungan wisata (turis) atau bisnis singkat. Untuk tujuan lain, seperti kerja atau belajar, pengajuan visa harus mengikuti prosedur pada umumnya, yaitu lewat Kedutaan Besar Republik Turki di Jakarta (klik di sini).

Apa saja syarat yang dibutuhkan untuk visa elektronik ini?
Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan, bukti reservasi tiket perjalanan, dan kartu kredit (Visa atau Mastercard).

Apa keuntungan dari visa elektronik ini?
Visa elektronik dapat diperoleh dengan mudah di mana saja Anda memiliki sambungan internet. Anda juga tidak perlu mengantri terlalu lama dalam proses pelamaran di Kedutaan Besar, atau di pos imigrasi bandara saat memasuki Turki.

Agen wisata/perjalanan di Indonesia yang terakreditasi juga dapat mengajukan lamaran visa elektronik ini atas nama costumer-nya.

Masih belum jelas? Silahkan simak tayangan dari Kementerian Luar Negeri Turki berikut ini:

Baca juga: